MG – Mesin fiber laser merupakan salah satu jenis dari laser cutting yang memiliki spesifikasi serta kemampuan tertinggi. Penggunaannya khusus hanya pada bahan metal saja, tidak untuk digunakan pada jenis bahan lainnya.

Kemampuan kerjanya untuk memotong bahan metal jauh lebih baik jika dibanding dengan jenis mesin laser cutting lainnya. Terutama dari segi kecepatan serta kerapihan hasil potong, karena jarang diperlukan finishing lagi.

Ketebalan bahan metal yang dapat dipotong beragam, tergantung dari power laser yang terdapat pada mesin ini. Mungkin penggunaannya memang tidak sepopuler CO2, tetapi pada bidang industri metal sudah merupakan peralatan yang biasa.

Mesin Fiber Laser Cutting Metal

Mesin fiber laser tidak menggunakan lasertube seperti pada CO2, tetapi menggunakan jenis laser generator yang dari fisiknya saja berbeda dibandingkan dengan lasertube. Ukuran fisik dari mesinnya sendiri juga besar, bidang area kerja terkecil biasanya adalah 130 x 250 cm, ada juga yang sampai 150 x 300 cm.

Bisa digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan metal seperti:

  • Stainless Steel
  • Galvanish Steel
  • Carbon Steel
  • Mild Steel
  • Kuningan
  • Aluminium
  • Dll

Bahan stainless yang dapat dipotong dengan mesin ini bisa lebih dari 5 mm, namun itu dengan mesin yang menggunakan power besar. Carbon steel bisa jauh lebih tebal lagi, bahkan hingga lebih dari 10 mm. Kebanyakan menggunakan mesin dengan power 1000 – 1500 watt.

Baca juga: Mesin Laser Cutting CO2

Sebagai informasi, tidak semua tipe mesin fiber laser dapat memotong bahan kuningan dan aluminium, karena tergantung dari laser generator yang digunakan. Karena masih banyak yang belum memahami dan berpikir bahwa semakin besar power dapat memotong bahan apa saja. Ini pemahaman yang salah, besarnya power hanya berpengaruh pada ketebalan bahan yang dapat dipotong saja, bukan jenis bahannya.

Laser Generator IPG

Laser Generator IPG

Untuk merk dari laser generatornya sendiri ada beberapa macam, yaitu:

  • IPG (Germany)
  • NLight (USA)
  • Raycus (China)
  • Maxphotonic (China)
  • DLL

Umur pemakaian dari sumber power ini secara teori biasanya berkisar antara 80.000 – 100.000 jam, setelah habis atau selesai diperlukan perbaikan. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan lasertube pada mesin laser cutting CO2 yang umur pemakaiannya berkisar hanya antara 8.000 – 10.000 jam saja.

Harga Mesin Fiber Laser

Harga mesin fiber laser juga merupakan yang paling mahal dibandingkan dengan jenis lainnya, bahkan bisa lebih dari 1 M. Perbedaan harga jual dari tiap tipe mesin ini berpengaruh dari laser generator yang digunakan, besarnya power, serta ukuran mesin tersebut.

Yang paling tinggi adalah mesin yang menggunakan laser generator IPG, yang harganya sendiri bahkan ada yang mencapai 2 M. Tetapi itu juga dengan power yang besar juga, dan sanggup memotong hampir semua jenis bahan metal, termasuk aluminium dan kuningan.

Mesin Fiber Laser Cutting Metal TC

Laser Cutting Metal TC

Sebagai contoh, untuk mesin fiber laser dengan power 1000 watt dan menggunakan laser generator Raycus berada di kisaran 980 jutaan. Sedangkan mesin dengan power yang sama namun menggunakan laser generator IPG mencapai 1,2 M.

Lalu untuk yang memiliki power 2000 watt dengan laser generator Raycus berada di harga 1,5 M. Sedangkan untuk yang menggunakan laser generator IPG dengan power yang sama mencapai 1,9 M.

Garansi dari mesin fiber laser sendiri biasanya berkisar antara 1 – 3 tahun, namun biasanya tidak semua termasuk dalam klaim garansi. Yang termasuk consumable atau ada masa habis pakai biasanya tidak termasuk dalam garansi.

Penutup

Jika berminat untuk membeli mesin fiber laser ada baiknya cermat dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Mengingat mesin ini sendiri memiliki harga jual yang tidak murah, sehingga memang diperlukan ketelitian dalam memilih.

Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan, tidak hanya dari hasil potongnya saja, tetapi juga lainnya. Contohnya mengenai support dan aftersales, karena hanya sedikit saja teknisi yang menguasai sepenuhnya untuk memperbaiki mesin ini.

Lalu juga perlu dilihat mengenai ketersediaan spare parts dari supllier mesin tersebut, karena suatu saat pasti dibutuhkan. Mengingat pasti akan ada saja kendala yang membutuhkan penanganan dan bukan tidak mungkin membutuhkan pergantian spare parts.

Demikian informasi mengenai mesin fiber laser cutting ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan. Jika berminat atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.